Mengenal Fungsi Panel AMF ATS Genset

Mesin genset memiliki peran yang penting untuk berbagai kebutuhan terutama yang menggunakan sumber daya listrik. Dari masa ke masa mesin genset mengalami perkembangan yang sangat baik. Saat ini telah bermunculan mesin genset yang lebih canggih. Kecanggihan mesin genset dibuktikan dengan adanya panel AMF ATS terbaik. Pernah mendengar panel tersebut? Panel ini memang bisa ditemukan di dalam mesin genset. Lalu apa sebenarnya kegunaan dari panel tersebut? Apakah memiliki peran yang penting untuk mesin genset? Berikut ini penjelasannya.

Automatic Main Failue (AMF) merupakan bagian dari panel yang memiliki fungsi untuk menyalakan mesin genset secara otomatis. Sedangkan untuk  Automatic Transfer Switch (ATS) merupakan bagian panel yang berfungsi untuk mematikan mesin genset secara otomatis. Kedua bagian panel tersebut memiliki sistem kerja yang saling berhubungan satu sama lain. AMF dan ATS hanya bisa ditemukan di mesin genset keluaran terbaru atau genset yang menggunakan kontrol digital. Untuk genset keluaran lama biasanya belum menggunakan kontrol digital.

Keberadaan genset dengan kontrol digital yang menggunakan panel AMF ATS memang lebih canggih. Kebutuhan listrik biasanya didapatkan dari PLN. Listrik PLN bisa padam kapan saja sehingga ketika listrik padam anda harus menghidupkan mesin genset. Dengan adanya panel AMF ini maka menghidupkan mesin genset ketika listrik padam menjadi lebih mudah. Melalui penjelasan di atas pastinya anda lebih paham mengenai panel tersebut.

Fungsi AMF dan ATS pada mesin genset adalah untuk menggantikan operator manual yang setiap harinya berjaga. Sebenarnya tidak menggantikan sepenuhnya namun untuk mempermudah kinerjanya. Walaupun merupakan teknologi yang canggih namun panel tersebut tetap harus dikontrol. Bahkan dibutuhkan teknisi untuk selalu mengontrol panel agar bisa berfungsi semestinya. Operator teknisi tersebut memiliki tugas untuk memonitori mesin, mengganti filter, oil level, radiator, dan mengecek bagian – bagian lain yang ada pada mesin.

Secanggih – canggihnya panel AMF  ATS tetap saja harus ada teknisi yang menjaganya. Kinerja dari AMF ATS saling berhubungan satu sama lain. Kinerja panel ini dimulai ketika listrik PLN padam. Genset yang menggunakan panel AMF dan ATS akan secara otomatis mengganti aliran listrik dari PLN menuju mesin genset. AMF akan langsung bekerja saat listrik PLN padam dengan menghidupkan mesin genset dan menyalurkan listrik ke berbagai ruangan. AMF mempersiapkan berbagai hal untuk bisa mendapatkan aliran listrik selama listrik padam. Fungsi AMF berhenti sampai disini dan akan dilanjutkan oleh ATS ketika listrik PLN sudah hidup.

Ketika listik PLN kembali berfungsi maka ATS akan langsung bekerja. ATS secara otomatis akan memutus hubungan daya dari mesin genset berganti menggunakan listrik PLN. Sehingga mesin genset akan berhenti beroperasi saat sumber daya listrik sudah terpenuhi. Itulah kinerja dari AMF dan ATS. Jika diperhatikan dari fungsinya maka bisa disimpulkan bahwa mesin genset ini memang benar – benar canggih. Namun walaupun sangat canggih namun menyediakan teknisi tetap penting untuk dilakukan.

Mesin genset yang menggunakan panel AMF ATS menjadi mesin genset yang diincar banyak orang saat ini. Namun masih ada pula yang belum mengenal kegunaan dari AMF ATS tersebut. Kebutuhan mesin genset yang semakin penting di kalangan masyarakat desa maupun kota membuat bermunculan genset yang canggih. Saat ini memilih genset yang menggunakan panel AMF dan juga ATS adalah pilihan yang sangat tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *