Beberapa Opsi Produk di Kategori Genset 20 KVA


Genset merupakan sumber listrik cadangan yang sangat dibutuhkan. Terutama di sektor industri dan bisnis, peran genset sangat penting terutama ketika ada pemadaman listrik. Opsi genset yang tersedia sekarang pun sudah sangat beragam. Rentangan kapasitas yang bisa dijumpai cukup banyak, dan genset 20 kva adalah salah satu kategori yang bisa dijumpai. Dengan output 20.000 VA, tentu itu akan cukup untuk bangunan perkantoran ataupun pabrik yang tidak terlalu besar.

Ada cukup banyak produk untuk genset dengan kapasitas output di kisaran 20 kVA. Salah satunya adalah genset buatan dari Perkins. Brand asal Inggris tersebut menyediakan genset 20 kva. Output tersebut setara dengan daya 16 kilowatt. Untuk menunjang penyediaan daya yang memadai, mesin empat silinder digunakan sehingga performa akan tetap stabil. Di unit genset, kapasitas olinya mencapai 10,6 liter. Sedangkan di bahan bakar, tangki mempunyai volume maksimal 50 liter. Untuk pengoperasian dengan 100% load, konsumsi bahan bakar mencapai 5,3 liter per jam. Dengan begitu, kapasitas full tank akan bisa cukup untuk sekitar sembilan jam.

Selain genset dari Perkins, ada pula produk dari Yanmar. Tipe genset 20 kva tersebut adalah HT20Y dan produknya sudah tersedia untuk kategori silent, open, ataupun tipe mobile yang dilengkapi dengan kerangka dan roda. Di sektor mesin, daya 20 kVA atau 16 kilowatt dihasilkan dari mesin dengan empat silinder sehingga mirip dengan yang ada di produk sebelumnya. Namun, kapasitas olinya memang lebih rendah, yaitu 7,4 liter. Di sektor bahan bakar, volume maksimal dari tangki mencapai 50 liter. Untuk konsumsi bahan bakar, penggunaan di 100% load akan memerlukan 4,9 liter per jam sehingga lebih irit dari penggunaan di genset 20 kva Perkins yang ada di rekomendasi sebelumnya.

Kalaupun perlu genset dengan kapasitas yang lebih rendah, ada pula rekomendasi lainnya. Produknya mempunyai output di bawah 20 kVA, dan tepatnya di kisaran 17,5 kVA. Output tersebut setara dengan kekuatan sebesar 14 kilowatt. Walau kapasitasnya di bawah genset 20 kva, mesin yang digunakan tetap berupa empat silinder. Lalu, tangki pun mempunyai volume 50 liter. Namun, jelas konsumsinya akan lebih rendah karena penggunaan 100% load tiap jamnya saja hanya perlu 4,3 liter.