Genset 3 Phase

Ketika kebutuhan daya listrik cukup besar, tampaknya membeli genset 3 phase merupakan keputusan tepat. Mampu menghasilkan daya hingga 380 Volt, dengan tegangan listrik tersebut sudah dapat menyediakan daya untuk dua rumah sederhana sekaligus. Meski banyak dicari di pasaran, tidak banyak yang mengetahui perbedaan alternator 1 phase dan 3 phase.

Perbedaan Antara Generator 1 Phase dan 3 Phase

Masih banyak pembeli yang tidak dapat membedakan antara alternator 1 phase dan 3 phase. Padahal informasi dasar tersebut sangat penting diketahui, meski keduanya memiliki fungsi serupa sebagai alat pembangkit listrik cadangan yang dapat diandalkan dalam keadaan genting. Perbedaan mencolok dari keduanya, terletak pada besarnya tegangan listrik yang mampu dihasilkan.

Uniknya baik generator 1 phase dan 3 phase memiliki selisih sekitar 220 Volt, namun nilai netral keduanya berbeda. Pasalnya generator phase 1 memiliki nilai tegangan bukan 0 Volt, sedangkan genset 3 phase memiliki nilai tegangan netral di angka 0 Volt yang berhasil didapatkan dari interaksi bintang pada ketiga kumparan phasenya.

Perbedaan antara alternator 1 phase dan 3 phase dapat ditemukan pada nilai copshi keduanya. Jika nilai cosphi pada generator 3 phase berada di bawah angka 1 atau umumnya bernilai 0.8, maka nilai cosphi pada generator 1 phase berada di angka 1. Dengan kata lain, daya yang dihasilkan dari generator 3 phase hanya dapat digunakan sekitar 80% saja.

Karena nilai generator 3 phase berada di bawah 1, maka besaran daya yang dimilikinya terdiri dari Daya Aktif, Daya Reaktif, serta Daya Nyata. Sedangkan generator 1 phase hanya memiliki besaran Daya aktif dan Daya Nyata saja. Tentu saja informasi ini penting diketahui sebelum membeli genset idaman. Perbedaan selanjutnya dapat ditemukan pada kabel keluaran yang dimiliki keduanya.

Alternator 1 phase hanya memiliki satu kabel keluaran, sehingga alat pembangkit listrik ini hanya bisa menggunakan energi maksimal sebesar energi yang dihasilkan oleh genset. Sangat berbeda dengan genset 3 phase yang dilengkapi dengan tiga kabel keluaran, dimana mesinnya mampu menggunakan energi sebanyak 3 kali dari energi yang dihasilkan oleh generator tersebut.

Kabel Netral Generator AC 3 Phase

Kabel Netral Generator AC 3 Phase

Nilai netral yang dihasilkan oleh generator 3 phase didapatkan dari hasil tiga kumparan phase yang kemudian dihubungkan secara bintang. Ketiga phase tersebut memiliki nilai tegangan berbeda, disebabkan oleh sinus yang tampak mendahului atau bahkan berkejaran. Fenomena tersebut dapat dikatakan jika ketiga phase tersebut, memiliki sudut berlainan hingga mencapai 120 derajat.

Sedangkan nilai selisih untuk setiap potensialnya mencapai 380 Volt, serta memiliki nilai perbedaan potensial phase netral bernilai 220 Volt. Sebab generator 3 phase memiliki nilai netral di titik 0 Volt. Maksudnya, generator satu ini akan membagikan daya sama rata untuk menurunkan resiko kerusakan pada genset akibat beban berat sebelah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dikatakan bahwa genset 3 phase lebih banyak digunakan pada sebuah bangunan yang membutuhkan daya listrik besar hingga mencapai 5 kVa untuk setiap phasenya. Oleh karena itu, generator set ini lebih direkomendasikan untuk kebutuhan industri atau perkantoran yang membutuhkan daya listrik tinggi dibandingkan kebutuhan rumah tangga.

Jika Anda mencari distributor genset berkualitas dengan harga murah, maka memesannya di Era Genset bisa menjadi solusinya. Terdaftar sebagai distributor genset resmi, sehingga semua produknya terjamin keasliannya. Anda juga mendapatkan sejumlah layanan yang tentunya tidak didapatkan ketika membelinya di toko jual genset abal abal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *